Detail Cantuman

Image of Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien : teori & Aplikasi

Text

Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien : teori & Aplikasi



Deskripsi Buku

Manajemen Keselamatan Pasien
Pengarang : Irwan Hadi
x, 137 hlm.; Uk: 20 x 29 cm

Keselamatan pasien dan mutu pelayanan merupakan prinsip dasar dari pelayanan kesehatan dan merupakan hak bagi setiap pasien dalam menerima pelayanan kesehatan. Keselamatan pasien merupakan tantangan dalam bidang pelayanan kesehatan, yang terjadi tidak saja di setting pelayanan di Rumah Sakit, tetapi juga di pelayanan primer lainnya. Sehingga Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dari seluruh pihak yang terlibat dalam pelayanan tersebut. Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai keselamatan pasien dan mutu pelayanan keperawatan tidak dapat lagi diberikan begitu saja. Diharapkan adanya suatu pedoman dan panduan yang dapat mengarahkan agar mampu membudayakan keselamatan pasien dan meningkatan mutu pelayanan kesehatan tersebut.

Perubahan paradigma pelayanan “Quality” kearah paradigma baru “Quality-Safety” berarti bukan hanya mutu pelayanan yang harus ditingkatkan tetapi lebih penting lagi adalah menjaga keselamatan pasien secara konsisten dan terus menerus, karena semakin baik kualitas layanan maka keselamatan pasien akan semakin baik. Hal tersebut tertuang juga dalam Standart Akreditasi Rumah Sakit versi 2013 mengacu pada Patient centered, Patient Safety, Good governance dan MDGs dengan 80% muatan standar adalah patient safety. Sehingga Keselamatan pasien saat ini telah menjadi prioritas utama dan isu global untuk rumah sakit, komponen penting dari mutu layanan kesehatan, prinsip dasar dari pelayanan pasien dan komponen kritis dari manajemen mutu. Keselamatan pasien menurut World Health Organization (WHO) adalah tidak adanya bahaya yang mengancam kepada pasien selama proses pelayanan kesehatan.

Keselamatan pasien merupakan hal penting dalam pelayanan kesehatan. Rumah sakit sebagai institusi pemberi pelayanan kesehatan harus dapat menjamin pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Keselamatan pasien adalah bebas dari cidera fisik dan psikologis yang menjamin keselamatan pasien, melalui penetapan system operasional, meminimalisasi terjadinya kesalahan, mengurangi rasa tidak aman pasien dalam sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan pelayanan yang optimal (Canadian Nursing Association, 2004).



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Deepubish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x, 137 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024015053
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
tactile text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1. Cet.2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


Perpustakaan Akper Mappa Oudang Makassar

The Guider to Virtue

   Jl. Letjen Andi Mappaouddang No.63, Jongaya, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
  Phone/fax. (0411) 876782
 Email: perpus@akpermpd.ac.id


Info selengkapnya